DRAF
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
SEKOLAH / MADRASAH
I. Identitas Mata Pelajaran
A. Guru/Asisten
1. Nama : Team Teaching Pelangi
2. NIP : -
3. Alamat Kantor/Rumah : Petaling
B. Mata Pelajaran
1. Nama Mata Pelajaran : PAI
2. Kompetensi/Urusan/Prodi : -
3. Kelas/Semester : X/I
4. Kode : -
5. Hari : Rabu
6. Ruang Kelas : X1
II. Standart Kompetensi
Ø Membiasakan perilaku terpuji pada diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari.
III. Deskripsi Mata Pelajaran
Ø Dalam mempelajari prilaku terpuji merupakan tanda bukti bahwa manusia mempunyai kepercayaan akan keberadaan Sang Pengcipta (Allah SWT).
IV. Materi
NO. | Materi | Pertemuan ke |
1. | Manusia dan tugasnya sebagai makhluk Tuhan | 1 |
2 | Iman kepada Allah | 2 |
3 | Sifa-sifat Terpuji | 3 |
V. Referensi
- Buku Agama Islam Untuk kelas X SMA dan Al Quran terjemahan
RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
Mata Pelajaran : PAI
Guru Mata Pelajaran : Team Teaching Pelangi
NIP : -
Komponen : -
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke- : 3
Alokasi Waktu : 2 x 35’
Standar Kompetensi : Membiasakan perilaku terpuji pada diri sendiri
dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
- Siswa dapat menjelaskan pengertian gigih, berinisiatif, optimis dan rela berkorban.
- Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku gigih, berinisiatif, dan rela berkorban.
- Siswa dapat menunjukkan manfaat dan nilai-nilai positif dari prilaku gigih, berinisiatif, dan rela berkorban.
- Siswa dapat mengaflikasikan prilaku gigih, berinisiatif, dan rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan pembelajaran
Ø Siswa dapat memahami pentingnya prilaku gigih, berinisiatif, dan rela berkorban.
B. Materi Ajar
- Akhlak-akhlak terpuji pada diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari.
C. Metode Pembelajaran
Ø Pembelajaran aktif (Bingo), Teka-teki silang, dan ceramah Plus.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10 menit)
a. Mengucapkan salam dan membaca doa’
b. Absensi siswa
c. Nonton bersama dan guru menyimpulkan manfaat dari film tersebut
d. Guru menyampaikan SK/KD, tujuan, dan materi pembelajaran
2. Kegiatan Inti (45 menit)
a. Membagi kelompok dan kertas kepada siswa (5 menit)
b. Mendiskusikan materi secara keolompok (10 menit)
c. Memprestansikan hasil diskusi kelompok (3 menit)
d. Siswa bertanya pada kelompok yang prentansi (2 menit)
e. Klasifikasi guru atau kesimpulan guru (10 menit)
f. Relaxasi (5 menit)
g. Game (10 menit)
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
a. Review materi dan pemberian PR
b. Penutup, mengucapkan salam dan doa’
E. Alat/Sumber Belajar
Ø Buku pelajaran Agama Islam kelas X SMA
Ø Buku-buku relevan dengan materi
Ø Al Qur’an terjemahan
F. Penilaian
a. Teknik : Penugasan
b. Bentuk Instumen : Tugas Rumah
c. Soal/Instrumen : -
1. Buatlah contoh dari pembahasan hari ini berdasaran pengalaman masing-masing pedoman pensekoran
Kegiatan | Deskriptor | Skor | Dan skor maksimum |
1. Siswa menuliskan contoh-contoh dari pengalaman masing-masing | | | |
a. Gigih | Ø Menuliskan contoh pengalaman dan menceritakan di depan kelas Ø Menuliskan contoh dan tidak menceritakan di depan kelas Ø Tidak menuliskan contoh dan menceritakan di depan kelas | 5 3 0 | 5 |
b. Berinisiatif | Ø Menuliskan contoh pengalaman dan menceritakan di depan kelas Ø Menuliskan contoh dan tidak menceritakan di depan kelas Ø Tidak menuliskan contoh dan menceritakan di depan kelas | 5 3 0 | 5 |
c. Optimis | Ø Menuliskan contoh pengalaman dan menceritakan di depan kelas Ø Menuliskan contoh dan tidak menceritakan di depan kelas Ø Tidak menuliskan contoh dan menceritakan di depan kelas | 5 3 0 | 5 |
d. Rela berkorban | Ø Menuliskan contoh pengalaman dan menceritakan di depan kelas Ø Menuliskan contoh dan tidak menceritakan di depan kelas Ø Tidak menuliskan contoh dan menceritakan di depan kelas | 5 3 0 | 5 |
2. Sebutkan 3 manfaat mempelajari tentang gigih, berinisiatif, optimis, dan rela
berkorban
Kegiatan | Deskriptor | Skor | Skor maksimum |
1. Siswa menuliskan tiga manfaat dari mempelajari sifat gigih, berinisiatif, optimis, dan rela bekorban | | | |
a. Gigih | Ø Siswa menuliskan 3 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 2 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 1 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 3 manfaat tidak tepat Ø Siswa tidak menuliskan sama sekali | 5 4 3 2 0 | 5 |
b. Berinisiatif | Ø Siswa menuliskan 3 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 2 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 1 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 3 manfaat tidak tepat Ø Siswa tidak menuliskan sama sekali | 5 4 3 2 0 | 5 |
c. Optimis | Ø Siswa menuliskan 3 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 2 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 1 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 3 manfaat tidak tepat Ø Siswa tidak menuliskan sama sekali | 5 4 3 2 0 | 5 |
d. Rela berkorban | Ø Siswa menuliskan 3 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 2 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 1 manfaat dengan tepat Ø Siswa menuliskan 3 manfaat tidak tepat Ø Siswa tidak menuliskan sama sekali | 5 4 3 2 0 | 5 |
Skor maksimal
No 1. = 50
No 2. = 50
Jumlah = 100
SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
2. Guru Pengampu : Team Teaching Pelangi
3. NIP : -
4. Komponen : Akhlak
5. Jurusan/Prodi : -
6. Kelas/Semester : X / I
7. Kode : -
8. Pertemuan ke- : 3
9. Alokasi Waktu : 2 x 35
10. Petunjuk Belajar (Petunjuk Siswa)
a.
b.
c.
11. Komptensi yang akan dicapai
Standar Kompetensi :
a. Membiasakan perilaku terpuji pada diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian gigih, berinisiatif, optimis dan rela
berkorban.
b. Siswa dapat menunjukkan contoh prilaku gigih, berinisiatif, dan rela
berkorban.
c. Siswa dapat menunjukkan manfaat dan nilai-nilai positif dari prilaku gigih,
berinisiatif, dan rela berkorban.
d. Siswa dapat mengaplikasikan prilaku gigih, berinisiatif, dan rela berkorban
dalam kehidupan sehari-hari.
12. Informasi
13. Tugas dan langkah kerja
14. Penilaian, proses dan hasil.
LEMBAR PENGAMATAN
Aspek : Kognitif
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : PAI
No | Nama | Aspek yang dinilai | Skor | Ket | ||
1 | 2 | 3 | ||||
1 | Abdurahman | | | | | |
2 | Acep K | | | | | |
3 | Achmad K | | | | | |
4 | Ade Dewinta | | | | | |
5 | Alfajri | | | | | |
6 | Alisa Soraya | | | | | |
7 | | | | | | |
8 | Cik A. Sani | | | | | |
9 | Ekna Enggriana | | | | | |
10 | Fajri | | | | | |
11 | Fitteri | | | | | |
12 | Gita A | | | | | |
13 | Hariyani F | | | | | |
14 | Hendri | | | | | |
15 | Hendri Sarmada | | | | | |
16 | Hendri Syahputra | | | | | |
17 | Husna | | | | | |
18 | Indriansyah | | | | | |
19 | Ira Diana | | | | | |
20 | Rahmawati | | | | | |
21 | Ria Lislina | | | | | |
22 | Riski | | | | | |
23 | Romina | | | | | |
24 | Rengga Pradana | | | | | |
25 | Rudianysah | | | | | |
26 | Ekna Enggriana | | | | | |
27 | Siti Aisyah | | | | | |
28 | Agus Triana | | | | | |
Keterangan
No | Aspek yang dinilai | Skor |
1. | Menjelaskan pengertian gigih, optimis, inisiatif dan rela berkorban. | 20 |
2. | Menyebutkan contoh gigih, optimis, inisiatif dan rela berkorban. | 60 |
3. | Manfaat dari gigih, optimis, inisiatif dan rela berkorban. | 20 |
| Jumlah Skor | 100 |
LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF
Aspek : Kognitif
Kelas / Semester : X / I
Mata Pelajaran : PAI
No | Pernyataan | Skala | |||
sll | Sr | jr | tp | ||
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
Keterangan
Aspek yang dinilai | Skor Positif | Skor Negatif |
Sll = selalu Sr = sering Jr = jarang Tp = Tidak pernah | | |
Tindak lanjut
Daftar Pustaka
ABSENSI KELAS X / I
TANGGAL 15 DESEMBER 2009
No | Nama | Keterangan | Ket | ||
Alpa | Sakit | Izin | |||
1 | Abdurahman | | | | |
2 | Acep K | | | | |
3 | Achmad K | | | | |
4 | Ade Dewinta | | | | |
5 | Alfajri | | | | |
6 | Alisa Soraya | | | | |
7 | | | | | |
8 | Cik A. Sani | | | | |
9 | Ekna Enggriana | | | | |
10 | Fajri | | | | |
11 | Fitteri | | | | |
12 | Gita A | | | | |
13 | Hariyani F | | | | |
14 | Hendri | | | | |
15 | Hendri Sarmada | | | | |
16 | Hendri Syahputra | | | | |
17 | Husna | | | | |
18 | Indriansyah | | | | |
19 | Ira Diana | | | | |
20 | Rahmawati | | | | |
21 | Ria Lislina | | | | |
22 | Riski | | | | |
23 | Romina | | | | |
24 | Rengga Pradana | | | | |
25 | Rudiansyah | | | | |
26 | Ekna Enggriana | | | | |
27 | Siti Aisyah | | | | |
28 | Agus Triana | | | | |
Petaling, 15 Desember 2009 Team Teaching Pelangi Group
1) Berikan pemahaman anda tentang prilaku gigih beserta contohnya?. . . . . . . .
2) Berikan pemahaman anda tentang prilaku berinisiatif beserta contohnya ?. . . . .
3) Berikan pemahaman anda tentang prilaku optimis beserta contohnya ?. . . .
4) Berikan pemahaman anda tentang prilaku rela berkorban beserta contohnya ?. . . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar