Jumat, 25 Desember 2009

Laporan tentang penerapan bimbingan dan konseling (di SMP 5 Pangkal Pinang)


Nama : Rabian Syahbana

NIM : 0711059

Semester : V/A

Mata Kuliah : Bimbingan dan Konseling (BK)

Laporan tentang penerapan bimbingan dan konseling (di SMP 5 Pangkal Pinang)

Bimbingan dan konseling merupakan suatu layanan yang memberikan suatu pengembangan yang efektif kepada setiap individu yang berkaitan dengan pengembangan ketrampilan, pengetahuan, dan sikap dalam bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan setiap individu. Setiap individu perlu mengembangkan diri nya supaya lebih dapat menggali potensi yang ada dalam dirinya untuk memperoleh hasil yang maksimal di masa yang akan datang.

Peran BK di SMP 5 Pangkal Pinang terjadi pada saat tertentu saja misalnya ada murid yang dapat masalah di sekolah tersebut misalnya berkelahi, mencuri, dan lain sebagainya atau BK juga berguna jikalau ada siswa yang ingin mencari solusi terhadap masalah yang dihadapinya dan itu biasanya dengan mudah diselesaikan.

Berbeda dengan siswa yang membuat masalah, mereka diberi hukuman. Hukuman yang diberikan BK ada beberapa kategori ada yang berupa teguran, pemanggilan orang tua, atau yang kasar yaitu hukuman di tempat.dan biasanya murid-murid yang melakukan masalah tersebut akan masuk buku hitam, yaitu buku yang digunakan sebagai mengetahui siapa saja murid yang nakal di sekolah tersebut.

Murid-murid yang namanya sudah terpampang di buku hitam BK, maka dia harus berhati-hati sebab jika dia membuat masalah lagi maka hukuman yang didapatkankan kepadanya lebih berat dari sebelumnya atau lebih parah yaitu dikeluarkandari sekolah.

Dengan adanya BK di sekolah tersebut diharapkan siswa-siswi tidak berbuat masalah yang merugikan dirinya sendiri maupun siswa yang lain agar kegiatan belajar-mengajar berjalan sesuai yang diharapkan oleh sekolah.

2 komentar:

  1. Maaf Sebelumnya salam kenal dari saya....saya adalah pengajar BK juga......setelah sy membaca blok anda.......isinya terkesan BK Masih jadi polici sekolah.....Sebenarnya BK Bukan demikian BK bukan musuh sekolah tp sahabat mereka.....BK tidak adanya hukuman, ada sumber rujukan jika ingin meneali BK yg sebenarnya....terima kasih....smoga anda dan sy tidak membudayakn yg telah lama sudah salah........

    BalasHapus
  2. yaaa anda benar, tapi apakah semua BK menerapkan hal yang sama anda lakukan, tulisan ini adalah tulisan lama. jadi semakin bergulirnya waktu maka semakin berkembang disiplin BK. semoga kita bisa saling mengingatkan.. tq

    BalasHapus