Jumat, 11 September 2009

silabus

Anggota kelompok:
1. Cik Agus Sani (0711011)
2. Hendri Syahputra (0711023)
3. Rabian Syahbana (0711059)
4. Ade Dewinta (0177004)
5. Alisa Soraya (0711007)
Semester: IVA


SILABUS

Nama Sekolah: Madrasah Aliyah
Mata pelajaran: FIQIH
Kelas/Semester: XI/Genap

Standar Kompetensi: 4. memahami hukum Islam tentang hukum keluarga

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/
BAHAN/ALAT
4.1. Menjelaskan
ketentuan hukum
perkawinan dalam
Islam dan
hikmahnya
Hukum perkawinan
· Mencari informasi tentang ketentuan pernikahan dalam Islam
· merefeksikan hikmah disyari’atkannya nikah
· Menarik hikmah adanya mahram nikah
· Menjelaskan pengertian dan hukum pernikahan
· Menyebutkan syarat da rukun nikah
· Menjelaskan engertia dan hukum khitbah
· Menjelaskan pengertian dan pembahagian mahram nikah
· Menjelaskan macam-macam pernikahan terlarang
· Menyebutkan ketentuan dan macam-macam wali
· Menjelaskan hukum dan macam-macam mahar
· Menjelaskan hukum waliyah dan hikmahnya
· Menjelaskan hukmah pernikahan
JENIS TAGIHAN
- Tes tulis

BENTUK INSTRUMEN
- Islam
2 x 45’
· Buku Fiqih untuk Madrasah Aliyah
· Undang-undang perkawinan


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/
BAHAN/ALAT
4.2. Menjelaskan
Ketentuan perkawinan
Menurut perundang-undangan di Indonesia
Ketentuan pernikahan dalam perundangan
· Membaca undang-undang pernikahan
· Mendiskusikan ketentuan perundangan dengan aturan agama
· Membuat kesimpulan atas pengaturan pernikahan Islam dalam sebuah perundangan
· Menjelaskan tentang batasan umur pernikahan
· Menjelaskan tentang kedudukan pencacatan pernikahan
· Menjelaskan hukum talaq di depan pengadilan agama
JENIS TAGIHAN
- Tes tulis

BENTUK INSTRUMEN
- Isian
2 x 45’
· Buku Fiqih untuk Madrasah Aliyah
· Undang-undang perkawinan
4.3. Menjelaskan konsep Islam tentang perceraian, iddah, ruju’ dan hikmahnya
Thalaq, iddah, ruju’ dan hikmahnya
· Membaca ketentuan percraian
· Mendiskuikan hikmah aturan thalaq, fasakh, khulukdan masa iddah
· Menjelaskan pengertian dan hukum perceraian (talaq)
· Menyebutkan sarat dan rukun talaq
· Menyebutkan macam-macam talaq
· Menjelaskan pengertian khuluk dan fasakh
· Menjelaskan pengertian dan macam-macam iddah
· Menjelaskan hikmah perceraian fasakh
· Menyebutkan kewajiban suami pada masa iddah
· Menjelaskan pengertiaan dan hukum ruju’
· Menjelaskan sarat dan rukun ruju
· Menjelaskan hikmah ruju’
JENIS TAGIHAN
- Tes tulis

BENTUK INSTRUMEN
- Isian
2 x 45’
· Buku Fiqih untuk Madrasah Aliyah






KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PNILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/
BAHAN/ALAT
4.4. Menjelaskan
ketentuan
Islam tentang
pengasuhan
anak
(hadhanah)

Hadhanah

· Mencari informasi tentang praktek adopsi anak
· Mendiskusikan praktek adobsi anak dengan konsep hadhanah dalam Islam

· Menjelaskan ketentuan hadhanah
· Menganalisis prakte pengasuhan anak yang tidak sesuai dengan Islam
· Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam aturan hadhanah

JENIS TAGIHAN
- Tes tulis

BENTUK INSTRUMEN
- Islam

2 x 45’

· Buku Fiqih untuk Madrasah Aliyah





Standar Kompetensi: 5. Memahami hukum Islam tentang waris dan wasiat

KOPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/
BAHAN/ALAT
5.1Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam

Hukum waris
· Membaca literatur tentang waris
· Mengidentifikasi perubahan bagian pada ahli waris
· Mendiskusikan ketentuan waris yang menyimpang
· Menjelaskan pengertian dan hukum ilmu mewaris
· Menjelaskan tujuan dan kedudukan ilmu mewaris
· Menjelaskan sebab-sebab waris mewarisi
· Menjelaskan halangan waris mewarisi
· Menjelaskan macam-macam ahli waris dan bagiannya
· Menjelaskan tentang cara pembagian waris dengan ual dan radd
· Menjelaskan masalah gharrawain dan akhdariyah
· Menjelaskan bagian anak dalam kandungan dan orang hilang


JENIS TAGIHAN
- Tes tulis

BENTUK INSTRUMEN
- Isian
8 x 45’
· Buku Fiqih Madrasyah Aliyah
· Media massa, baik cetak maupun elektronik
KOPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/
BAHAN/ALAT



harta bersama
· Menjelaskan hikmah pembagian warisam



5.2. Menjelaskan keterkaitan waris dengan wasiat
Kaitan waris dan wasiat
· Mengidentifikasikan kadar wasiat subelum dibagi sebagai harta warisan
· Menganalisis orang-orang yang berhak menerima wasiat
· Menjelaskan pengertian wasiat
· Menjelaskan keterkaitan waris dengan wasiat
· Menjelaskan ketentuan wasiat dan hikmahnya
JENIS TAGIHAN
- Tes tulis

BENTUK INSTRUMEN
- Isian
1 x 45’

5.3.Menunjukkan contoh cara pelaksanaan waris dan wasiat
Pelaksanaan waris dan wasiat
· Mengidentifikasi persoalan yang muncul di masyarakat tentang wasiat dan waris
· Mengidentifikasikan pelaksanaan wasiat yang tidak sesuai dengan syari’at Islam
· Menelaah prektek wasiat dan waris ysng sesuai dangan Islam
JENIS TAGIHAN
- Tes tulis

BENTUK INSTRUMEN
- Isian
1 x 45’


Kritik dan Saran:
Kritik dan saran yang ingin kelompok kami sampaikan adalah sebagai berikut:
Hendaknya dalam menulis atau menyusun silabus menggunakan EYD yang baik dan benar.
Untuk sumber/bahan/alat yang digunakan dalam silabus hendaknya diperbanyak lagi.
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi sebagaimana tercantum dalam standar isi.
Mengidentifikasi materi pokok yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Lebih mengembangkan pengalaman belajar.
Merumuskan indikator keberhasilan belajar.
Penentuan Jenis penilaian agar tidak terjadi kesalahan dan membuta peserta didik rugi.
Menentukan alokasi waktu yang lebih efektif hingga membuat kegiatan belajar mengajar lebih bermanfaat dan tidak terbuang Cuma-Cuma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar